Anatomi dan Fisiologi Sistem Sirkulasi Tubuh Manusia

System sirkulasi merupakan penghubung antara lingkungan eksternal dan lingkungan cairan internal yang ada didalam tubuh manusia. System ini membawa nutrient dan gas ke semua sel-sel, jaringan, organ dan system organ yang ada di dalam tubuh kita serta membawa produk akhir metabolik hasil metabolisme tubuh kita kelur tubuh.

anatomi dan fisiologi sistem sirkulasi tubuh manusia
Sistem Sirkulasi Tubuh Manusia

Komponen sistem sirkulasi

System sirkulasi didalam tubuh manusia tersusun atas beberapa organ yang didalam fungsinya saling bekerja sama dan mendukung untuk tercapainya system sirkulasi didalam tubuh manusia dapat berjalan dengan lancar.

Beberapa komponen system sirkulasi didalam tubuh manusia adalah sebagai berikut:

Sistem kardiovaskuler

Sistem kardiovaskuler merupakan bagian dari system sirkulasi. System ini sangat berperan penting dalam kelancaran fungsi system sirkulasi tubuh manusia. System kardiovaskuler juga terdiri dari beberapa organ lagi yaitu jantung, pembuluhdarah serta komponen darah yang mengalir didalam pembuluh darah.

Sistem limfatik

System limfatik juga merupakan bagian dari system sirkulasi tubuh manusia. System ini terdiri dari pembuluh linfe dan nodus-nodus limfe yang terletak didalam pembuluh limfe besar.

System limfatik ini merupakan komponen tambahan system sirkulasi. System ini berfungsi mengembalikan kelebihan cairan jaringan, protein plasma dan juga mentranspor nutrien yang terabsorbsi serta mengeluarkan zat-zat toksik dan debris seluler. Baca selengkapnya system limfatik

Komponen system sirkulasi yang selanjutnya adalah organ-organ pembentuk dan penyimpan darah seperti limfe, hati, sumsum-tulang, kelenjar timus dan jaringan limfe. Organ-organ tersebut juga sangat berpengaruh dengan system sirkulasi didalam tubuh manusia.

Fungsi system sirkulasi

System sirkulasi didalam tubuh manusia memiliki fungsi dan peran sebagai berikut:

Transpor

System sirkulasi memiliki fungsi sebagai transport makanan, gas, hormone, mineral, enzim, serta zat-zat vital lainnya yang diperlukan tubuh dan dibawa oleh darah selanjutnya disebarkan ke seluruh tubuh. Selain sebagai pembawa zat-zat diatas, system sirkulasi juga berperan sebagai pembawa zat-zat sisa dari proses metabolism tubuh menuju paru-paru, ginjal dan kulit untuk dikeluarkan dari dalam tubuh.

Pertahanan suhu tubuh

System sirkulasi juga dapat berfungsi untuk mempertahankan suhu tubuh. Cara kerja system sirkulasi mempertahankan suhu tubuhh adalah dengan cara pembuluh darah berkonstriksi untuk mempertahankan suhu tubuh dan berdilatasi untuk melepaskan panas melalui kulit yang dapat dideteksi dengan thermometer.

Perlindungan

Selain sebagai transport dan pertahanan suhu tubuh, system sirkulasi juga memiliki fungsi sebagai perlindungan tubuh dengan cara bekerja sama antara system darah dan limfatik untuk melindungi tubuh dari invasi benda asing atau infeksi melalui system imun. Selain system imun, mekanisme pembekuan darah juga dapat melindungi tubuh dari kehilangan darah dalam jumlah banyak.

Pendaparan (buffering)

Fungsi yang terakhir dari system sirkulasi adalah sebagai buffering atau penyangga (penyokong) sebagai contoh disini adalah protein darah memberikan system buffer kepada asam basa untuk mempertahankan pH darah tetam optimal.

Itulah penjelasan singkat system sirkulasi tubuh manusia. Untuk materi selengkapnya silahkan baca artikel selanjutnya tentang system kardiovaskuler.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anatomi dan Fisiologi Sistem Sirkulasi Tubuh Manusia"

Posting Komentar