Anatomi Sistem Kardiovaskular

Sistem kardiovaskuler merupakan sebuah sistem yang termasuk dari bagian sistem sirkulasi tubuh manusia. sistem kardiovaskuler merupakan sebuah sistem didalam tubuh manusia yang terdiri dari beberapa organ yang saling berhubungan dan saling bekerja sama dalam melaksanakan tugasm sirkulasinya untuk memenuhi kebutuhan tubuh setiap hari.

anatomi sistem kardiovaskular

Baca juga anatomi tubuh manusia lengkap

Sietem kardiovaskuler terdiri dari beberapa organ diantaranya:

Jantung

Jantung merupakan organ yang sangat penting dalam sistem kardiovaskuler. Jantung berperan sebagai pompa didalam sistem sirkulasi yang memompakan darah dari jantung ke seluruh tubuh organ jantung tersebut. Baca selengkapnya tentang jantung di artikel anatomi jantung.

Pembuluh darah

Pembuluh darah adalah serangkaian saluran-saluran yang ada didalam tubuh manusia yang berfungsi sebagai pipa atau saluran sebagai tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh maupun dari seluruh tubuh ke jantung.

Pembuluh darah dibedakan menjadi dua macam yaitu pembuluh darah arteri atau biasa disebut nadi dan pembuluh darah vena disebut pembuluh balik.

Darah

Darah merupakan cairan yang mengalir didalam pembuluh darah. Darah berfungsi sebagai pengangkut nutrisi dan zat-zat lain yang diperlukan sel-sel tubuh dan juga sebagai pengangkut sisa-sisa metabolisme yang sudah tidak diperlukan tubuh dan harus dibuang keluar tubuh. Baca selengkapnya tentang darah di artikel darah.

Itulah tadi organ-organ yang ada didalam sistem kardiovaskuler. Jantung, pembuluh darah dan darah saling bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari. Mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anatomi Sistem Kardiovaskular"

Posting Komentar