A.Pengertian
Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) Orientasi
Realita dianjurkan/diberikan untuk menanggulangi klien dengan penurunan daya
nilai realita dimana klien diberi stimulus yang konsisten terhadap realita. TAK
Orientasi Realita diberikan kepada
klien-klien dengan gangguan orientasi realita meliputi :
- Klien dengan demensia
- Klien dengan halusinasi
- Klien dengan
kebingungan
B.Tujuan
1.
Klien mampu mengenal tempat di mana ia berada
2.
Klien mengenal waktu dan tempat
- Klien dapat mengenal
orang-orang di sekitarnya dengan tepat
C.Jenis
Kegiatan
Kegiatan-kegiatan TAK terdiri dari tiga
sesi pertemuan meliputi :
1. Sesi
I = Pengenalan orang
2. Sesi
II = Pengenalan tempat
3. Sesi
III = Pengenalan waktu
D. Aktivitas dan Indikasi
Terapi aktivitas
kelompok dilakukan dalam 3 sesi untuk melatih dan mengenali tempat, waktu dan
orang-orang disekitarnya. Namun yang akan dilakukan dalam TAK orientasi realita
dikhususkan pada sesi 1 yaitu pengenalan orang.
Klien yang mempunyai
indikasi TAK orientasi realita adalah klien dengan gangguan persepsi sensori :
- Klien dengan halusinasi
yang telah mampu melakukan interaksi secara interpersonal.
- Klien dengan gangguan
komunikasi verbal yang telah berespon sesuai stimulus
TAK
ORIENTASI REALITA
SESI I
A.Jenis
Kegiatan :
Pengenalan Orang
B.Tujuan
- Klien mampu mengenal
nama-nama perawat
- Klien mampu mengenal
nama-nama klien lain
C.Setting
Peserta terapis duduk
bersama dalam lingkaran
D.Alat
Bantu
- Name tag sejumlah klien
dan perawat yang ikut TAK
- Spidol
- Bola tenis
- Tape Recorder
- Kaset musik
E.Metode
- Dinamika Kelompok
- Diskusi dan Tanya Jawab
F.Langkah-langkah Kegiatan
- Persiapan
- Persiapan Klien
- Mengidentifikasi
jumlah klien sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.
- Jumlah klien yang
mengikuti TAK 8 orang yang masing-masing didampingi oleh fasilitator.
- Fasilitator telah
membina hubungan saling percaya dengan klien.
- Melaksanakan kontak
dengan klien sesaat sebelum TAK dimulai
- Persiapan Terapis
a. Diperlukan 6 orang perawat
b. 1 orang leader : Agusalim, S
Kep
c. 1 orang CO Leader : Oman Siampa, S Kep
d. 1 orang observer : Hafsah Salim , S Kep
e. 3
orang fasilitator :
- Supratman, S Kep
-
Reni ramayanti, S Kep
-
Ermida Sumardi, S Kep
f. Melibatkan petugas ruangan
Rincian tugas :
a.
Leader
- Memperkenalkan diri, memperkenalkan nama.
- Menjelaskan tujuan kegiatan
- Menjelaskan proses kegiatan
- Mendemonstrasikan cara memperkenalkan diri pada orang lain
b.
CO Leader
- Membantu leader
- Mengatur musik
- Menulis apa yang diucapkan klien di papan tulis.
c.
Fasilitator
- Mampu memotivasi anggota kelompok untuk mengeluarkan pendapat
- Mampu memotivasi anggota terlibat dalam
kegiatan
- Mampu menjadi Role Model
d.
Observer
- Mengawasi jalannya TAK
- Mengevaluasi hasil TAK
- Mengontrol lamanya waktu yang
digunakan dalam TAK
Rencana Kegiatan :
1. Waktu
: Jumat 17 September 2004 /
Jam 08.00 – 08.45
2. Tempat
: Ruang Kenari
3. Klien :
- Ali mirzah : Halusinasi
- Basrah : Halusinasi
- Benyamin : Halusinasi
- Abdul
Rahman : Halusinasi
- Saharuddin : Halusinasi
- Rustang : Halusinasi
- Muh. Yusuf : Halusinasi
- Baso
Alamsah : Halusinasi
- Orientasi
a. Salam
terapeutik: terapis mengucapkan salam
b. Evaluasi/Validasi:
Terapis menanyakan perasaan klien hari ini
c. Kontrak
:
1) Terapis
menjelaskan tujuan kegiatan
2) Terapis
menggunakan aturan main yaitu:
i. Masing-masing
klien duduk di tempat masing-masing sampai permainan selesai
ii. Jika
ada peserta yang meninggalkan kelompok,harus meminta izin kepada pimpinan TAK
iii. Kegiatan
akan berlangsung selama 45 menit
iv. Setiap
klien mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir
- Kerja
a. Terapis
membagikan name tag untuk masing-masing peserta
b. Terapis
meminta masing-masing peserta menyebutkan nama,nama panggilan,status,dan
alamatnya
c. Terapis
meminta masing-masing peserta menuliskan nama panggilan di masing-masing name
tag yang dibagikan
d. Terapis
meminta masing-masing peserta memperkenalkan diri secara berurutan searah jarum
jam di mulai dari terapis,meliputi menyebutkan:
·
Nama diri
·
Nama panggilan
·
Alamat
e. Terapis
menjelaskan langkah berikutnya: tape recorder akan dinyalakan,saat musik
terdengar bola tenis dipindahkan dari satu peserta ke peserta lain.Saat musik
dihentikan,peserta yang sedang memegang bola tenis,menyebutkan nama,nama
panggilan,dan alamat dari peserta yang lain.
f. Terapis
memutar tape recorder dan menghentikan.Saat musik berhenti peserta yang sedang
memgang bola tenis menyebutkan nama,nama panggilan dan alamat peserta yang
lain.
g. Ulangi
langkah nomor (6) sampai semua peserta mendapatkan giliran.
h. Terapis
memberikan pujian untuk setiap keberhasilan peserta dengan mengajak peserta
bertepuk tangan
4.
Terminasi
a. Evaluasi:
1) Terapis
menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK
2) Terapis
memberikan pujian atas keberhasilan kelompok
b. Tindak
lanjut:
1) Menganjurkan
tiap peserta untuk merningkatkan kontak dan interaksi dengan yang lainnya
c. Kontrak
yang akan datang:
·
Terapis membuat kesepakatan
dengan peserta kegiatan berikutnya yaitu:”Mengenal Tempat”
·
Terapis membuat kesepakatan
dengan peserta tempat dan waktu pelaksanaan TAK
G.Evaluasi dan Dokumentasi
1. Kemampuan
verbal
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Nama
Klien
|
|||||||
Ali
|
Basrah
|
Benyamin
|
Rahman
|
Saha
|
Rustang
|
Yusuf
|
Baso
|
||
1.
|
Menyebutkan
nama klien lain
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Menyebutkan
nama panggilan klien lain
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Menyebutkan
alamat klien lain
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: Dilakukan = 1, tidak dilakukan =0
2. Kemampuan
non verbal
No
|
Aspek yang dinilai
|
Nama
klien
|
|||||||
Ali
|
Basrah
|
Benyamin
|
Rahman
|
Saha
|
Rustang
|
Yusuf
|
Baso
|
||
1.
|
Kontak
mata
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Duduk
tegak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Menggunakan
bahasa tubuh yang sesuai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Mengikuti
kegiatan mulai dari awal sampai akhir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: Dilakukan =1, Tidak dilakukan = 0
Catatan :
Dokumentasikan
pada proses keperawatan tiap klien
0 Response to "TAK Orientasi Relita"
Posting Komentar