Anatomi Dan Fisiologi Tubuh Manusia

1.    Pengertian
Anatomi adalah ilmu mengenai struktur tubuh. Kata anatomi berasal dari kata ana dan tome, yang berarti memotong atau memisahkan. Jadi dapat disimpulkan anatomi tubuh manusia adalah ilmu yang mempelajari potongan struktur tubuh manusia tertentu secara terpisah.
Fisiologi ilmu yang mempelajari fungsi dari tubuh manusia. Sama seperti anatomi, ilmu fisiologi juga mempelajari bidang-bidang atau organ tubuh manusia seperti neurofisiologi, kardiofisiologi ata fisiologi reproduksi.

2.    Tingkat structural organisasi tubuh
Organisasi structural tubuh manusia berkembang dari tingkat terendah dari atom dan molekul sampai tingkat yang lebih tinggi dan lebih kompleks untuk membentuk keseluruhan tubuh manusia.

a.       Tingkat kimia atau atom
Atom, seperti hydrogen, karbon, nitrogen dan natrium. Bergabung untuk membentuk molekul seperti air dan garam, makromolekul seperti karbohidrat pqroqqtein dan lemak
b.      Tingkat sel
Sel merupakan unit dasar dari makhluk hidup. Struktur seluler seperqtqi nucleus, ribosom, mitoqkondria dan lisosom, menjalankan fungsi-fungsi pertahanan hidup sel.
c.       Tingkat jaringan
Jaringan merupakan sekelompok sel dengan struktur yang sama dan melakukan fungsi yang sama. Ada 4 jenis jaringan dasar seperti jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot dan jaringan saraf.
d.      Tingkat organ
Organ merupakan dua jaringan atau lebih yang bergabung untuk membentuk suatu organ. Seperti mata, ginjal, jantung, dll. Sebuah organ berfungsi sebagai pusat fisiologi khusus untuk aktivitas tubuh.
e.       System oqrgan
System organ merupakan gabungan dari beberapa organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi yang saling berkaitan dan organ-organ tersebut membentuk system organ. Seperti siste pencernaan, pernapasan, kardiovaskuler, dll.

3.    Bidang structural tubuh manusia
Ilmu mengenai anatomi memerlukan terminologi mengenai posisi atau arah serta poin-poin rujukan.
a.       Bidang (seksio)
Tubuh merupakan bidang imajiner yang menembus tubuh untuk menunjukan poin-poin rujukan (lihat gambar 3.1).

Gambar 3.1 bidang structural tubuh

1)   Bidang sagital membagi tubuh menjadi bagian kiri dan kanan
a)    Bidang midsagital membagi tubuh menjadi dua bagian kanan dan kiri sama besar
b)   Bidang parasagital membagi tubuh menjadi dua bagian kanan dan kiri tida sama besar
2)   Bidang frontal (koroqnal) adalah salah satu bidang dibagian kanan bidang sagital. Bidang ini membagi bagian tubuh atau organ tubuh menjadi bagian depan dan belakang.
3)   Bidnag tranversal (hirisontal, potong silang) membagi tubuh atau organ menjadi bagian atas dan bawah.
b.      Posisi anatomis
Dalam posisi anatomis, tubuh berdiri tegak dengan mata melihat ke depan,kaki dirapatkan, lengan disisi tubuh, telapak tangan membuka ke depan dnegan ibu jari mengarah keluar tubuh dna jari kelingking mengarah ke tubuh. (lihat gambar 3.2).


1)   Anterior
Merupakan bagian depan tubuh. Contoh: hidung, perut, dada dan lutut merupakan bagian anterior dari keseluruhan tubuh manusia.
2)   Posterior
Merupakan bagian belakang tubuh. Contoh: punggung, betis, bokong merupakan posterior tubuh secara keseluruhan.
3)   Superior
Merupakan bagian yang mengarah ke kepala atau bagian tertinggi tubuh. Superior disebut juga sefalik, cranial atau rostral. Contoh: kepala merupakan bagian superior dari leher.
4)   Inferior
Merupakan bagian yang mengarah menjauhi kepala atau mengarah kebagian bawah tubuh. Inferior disebut juga kauda. Contoh: telapa kaki meripakan inferior dari kaki keseluruhan.
5)   Medial
Merupakan setiap struktur yang terdekat dengan garis tengah imajiner tubuh. Contoh: hidung merupakan bagian medial dari mata.
6)   Lateral
Merupakan bagian yang mengarah kesamping atau menjauhi garis tengah imajiner tubuh. Contoh: teling merupakan bagian lateral dari mata.
Ipsilateral berarti terletak disisi yang sama dan Kontralateral terletak disisi yang berlawanan.
7)   Proksimal
Merupakan bagian tubuh yang mengacu pada bagian suatu struktur yang mendekati garis tengah imajiner tubuh, jika mengacu pada suatu tungka, maka mendekati titik asal atau titik perlekatan terdekat dengan trunkus. Contoh: lutut merupakan bagian proksimal dari pergelangan kaki dan siku merupakan proksimal dari pergelangan tangan.
8)   Distal
Merupakan bagian tubuh yang mengacu pada bagian struktur yang menjauhi garis tengah imajiner tubuh atau menjauhi titik asal atau perlekatan dengan trunkus. Contoh: kaki merupakan bagian distal dari pergelangan kaki.
9)   Superficial
Merupakan bagian manapun yang dekat dengan permukaan tubuh. Contoh: kulit merupakan bagian superficial dari otot.
10)    Dalam
Merupakan bagian yang terletak di bagian internal tubuh. Contoh: usus halus terletak jauh lebih kedalam tubuh dari otot dan kulit abdominal.
c.       Rongga tubuh
Ruang dalam bagian aksial tubuh yang berisi organ-organ atau visera internal. Dua rongga utama yang terletak dalam bagian aksia tubuh yaitu rongga dorsal dan rongga ventral. (Lihat gambar 3.3). sedangkan bagian apendikular ata ekstremitas tidak memiliki rongga.
1)   Rongga dorsal, terletak dibagian posterior (dorsal) dan terbagi menjadi rongga kranial dan rungga spinal. Rongga kranial dikelilingi tolang dan berisi otak dan rongga spinal terbentuk dari susunan tulang belakanh (vertebra) yang berisi medulla spinalis.
2)   Rongga ventral, terletak dibagian anterior (ventral) dan terbagi menjadi rongga thoraks, rongga abdomen, pelvis dan rongga kecil dibagian kepala ( oral, nasal, orbital, telinga tengah).
a)        Rongga toraks atau dada. Rongga ini terdiri dari rongga pleuran dan mediastinim. Rongga pleural (kanan dan kiri) masing-masing berisi satu paru dan rongga mediastinum berisi jantung yang terletak dirongga pericardial.
b)        Rongga abdominopelvis (rongga peritoneal) berisi visera abdomen dan bidang pelvis.
c)        Organ kecil tambahan dikepala meliputi oral, nasal, orbital dan teling tengah.
3)   Membrane serosa, melapisi rongga torakqs dan rongga abdominopelvis, serta menyelimuti organ-organ dalam rongga-rongga tersebut. Membrane parietal melapisi rongga sedangkan mempran visceral menyelimuti organ.
a)    Pleura, parietal melapisi rongga pleural dan visceral membungkus paru-paru.
b)   Pericardium, parietal melapisi rongga pericardial dan visceral membungkus jantung

c)    Peritoneum, parietal melapisi rongga abdominopelvis dan visceral membungkus 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Anatomi Dan Fisiologi Tubuh Manusia"

Posting Komentar